RSSFacebookTwitterHandphone    Jumat, 18 April 2014 | 20:06 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
JARING RADIO 
03 Juni 2013, 16:46:35 | Laporan Sentral FM Lumajang
Hasil Pilkada Kabupaten Lumajang 2013

KPU Jatim Prediksi Bakal Muncul Gugatan

suarasurabaya.net - Perhitungan suara Pilkada Kabupaten Lumajang di tingkat kecamatan yang dilaksanakan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), Minggu (2/6/2013) kemarin, menyisakan adanya penolakan dari saksi pasangan DR H Ali Mudhori, Mag-H Samsul Hadi, SH. MH (ASA) untuk menandatangani berita acara.

Penolakan ini terjadi di sejumlah kecamatan, salah-satunya Kecamatan Randuagung. Terkait hal ini, Andry Dewanto Ahmad, SH Ketua KPU Jatim kepada Sentral FM, Senin (3/6/2013) siang, menyampaikan bahwa penolakan saksi untuk menandatangani berita acara perhitungan itu menjadi hak dan dilindungi undang-undang.

Penolakan saksi untuk menandatangani hasil perhitungan di tingkat PPK kecenderungannya akan berujung pada gugatan terhadap hasil Pilkada itu sendiri. Hal itu terjadi dalam berbagai Pilkada di Kabupaten Kota yang berujung pada gugatan yang dimulai dari penolakan saksi-saksi menandatangani berita acara perhitungan.

“Contohnya di Pilkada Kabupaten Pamekasan. Namun, gugatan itu apakah berpengaruh terhadap hasil Pilkada ataukah tidak, tentunya tergantung apakah nanti dikabulkan atau tidak di Mahkamah Konstitusi MK),” kata Andry Dewanto Ahmad, SH.

Jika dikabulkan dan dalam proses uji di MK ditemukan adanya kesalahan, maka tentunya memiliki pengaruh terhadap hasil Pilkada. Itu pun, sepanjang saksi-saksi ini bisa membuktikan yang menjadi alasan penolakannya.

Dan bila mengajukan gugatan, masih kata Ketua KPU Jatim, harus dibuktikan kalau proses rekapitulasi itu melanggar hukum. “Misalnya, formulir hitungan yang dipegang saksi dengan yang dipegang PPK atau KPU berbeda, hingga menolak menanda-tangani berita acara,” paparnya.

Selanjutnya, masih kata Andry Dewanto Ahmad, SH, akan dibuktikan dalam rekapitulasi itu. Termasuk, dihadirkan formulir dari Panwas untuk dicocokkan. Jika terbukti, maka akan berpengaruh. “Tapi, jika tidak terbukti, maka tidak akan berpengaruh di MK,” beber Ketua KPU Jatim ini.

Andry Dewanto Ahmad, SH juga menyebutkan, bahwa putusan KPU belum tentu 100 persen benar. Hanya saja, untuk me-review harus dilakukan di MK. “Apabila memang minta dibuka hitungan KPU-nya. Kalau kemudian putusan KPU diterima, maka langsung bisa dilantik Bupati dan Wakil Bupati, siapapun yang terpilih,” urai Andry Dewanto Ahmad, SH

Dan munculnya gugatan hasil Pilkada ini, menurut Ketua KPU Jatim, bukan berarti pelaksanaan Pilkada yang telah bergulir jelek. Karena, hal itu diperbolehkan menurut Undang-Undang dan harus ditempuh sesuai mekanisme yang berlaku.

“Untuk itu, dalam perhitungan akhir di KPU Kabupaten Lumajang nanti, kita akan menyerahkan kepada saksi-saksi. Apakah menerima atau menolak. Kalau menerima maka KPU akan langsung menetapkan. Dan, kalau menolak tentu ada mekanisme yang harus ditempuh,” pungkas Andry Dewanto Ahmad, SH. (her/ipg)

Teks Foto :
- Pemungutan suara Pilkada Kabupaten Lumajang Tahun 2013 yang digelar 29 Mei lalu.
Foto : Sentral FM

Editor: Iping Supingah


1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright © 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved · FAQ · Kontak