JARING RADIO
KPU : “Masih Banyak Kebutuhan Yang Belum Dilengkapi”

Logistik Pilgub Jatim Mulai Didistribusikan Ke Lumajang

Laporan Sentral FM Lumajang | Selasa, 20 Agustus 2013 | 15:31 WIB
suarasurabaya.net - Logistik yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pemiligan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim di Kabupaten Lumajang mulai didistribusikan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lumajang.

Logistik yang telah dikirimkan oleh KPU Provinsi Jatim mencakup beberapa item kebutuhan yang diperlukan untuk menggelar pemungutan pesta demokrasi terbesar di Jawa Timur ini.

Drs Abdul Kohar Sekretaris KPU Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM di kantornya, Selasa (20/8/2013), mengungkapkan bahwa saat ini logistik pelaksanaan Pilgub Jatim yang telah didistribusikan KPU Provinsi Jatim ke KPU Lumajang, diantaranya yang telah diterima berupa surat suara sesuai jumlah pemilih yang telah ditetapkan dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) sekaligus surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari total keseluruhan.

“Surat suara sudah dikirimkan lengkap dalam kotak tersegel dan balum kami buka. Saat ini, kami hanya melakukan sortir dan selanjutnya akan melakukan pemeriksaan sambil jalan. Dimana, dalam pemeriksaan ini untuk memastikan surat suara yang rusak yang perlu dimintakan ganti ke KPU Jatim guna pelaksanaan Pilgub mendatang,” kata dia.

Dalam pemeriksaan ini, lanjut dia, pihaknya melakukan secara tertutup di ruangan gudang steril yang dijaga aparat kepolisian dari Polres Lumajang guna memastikan keamanannya.

Selama proses sortasi, pemeriksan dan juga perhitungan jumlah logistik yang diterima, selurunnya dibuatkan berita acara yang nantinya akan disampaikan juga kepada KPU Jatim jika memang terjadi kekurangan.

Selain surat suara, diungkapkan lebih lanjut oleh Ida Nur Farida, logistik yang telah diterima KPU Lumajang dari KPU Jatim untuk pelaksanaan Pilgub 29 Agustus mendatang, memang belum lengkap sepenuhnya.

“Yang kami terima selain surat suara, ada logistik ATK (Alat Tulis Kantor) untuk kebutuhan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di seluruh Kabupaten Lumajang, form model C sampai C10 serta form model D telah dikirimkan. Kami masih menunggu pengiriman form model DA dan C1 yang masih kurang. Kekurangan form model C1 informasinya hari ini akan dikirimkan KPU Jatim ke KPU Lumajang,” beber dia.

Logistik Pilgub Jatim yang saat ini sama sekali belum didistribusikan ke KPU Kabupaten Lumajang, tambah dia, diantaranya alat coblos, bantalan, amplop untuk surat suara, baik yang tidak terpakai maupun surat suara yang tidak sah sama sekali belum diterima. "Laporannya sudah kami kirimkan ke KPU Jatim agar segera dikirim,” urainya.

Soal masih banyaknya item kebutuhan logistik untuk keperluan pemungutan suara Pilgub Jatim di Kabupaten Lumajang yang belum dilengkapi dalam distribusi ini, KPU Kabupaten Lumajang menurut Ida Nur Farida telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan KPU Jatim.

“Namun, karena persoalan yang sama juga dialami banyak Kabupaten/Kota di Jawa Timur, maka masih perlu waktu untuk pemenuhan distribusi logistik ini. Padahal, kita juga belum melakukan pengecekan satu-persatu surat suara, apakah ada yang rusak ataukah tidak. Untuk itu, kita akan bekerja cepat guna menyelesaikan kesiapan logistik ini dengan mengecek secara riil dengan membuka dan memasukkan ke sampul,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs Abdul Kohar Sekretaris KPU Kabupaten Lumajang mengatakan, bahwa proses pemenuhan kesiapan logistk yang saat ini masih dalam tahapan dilengkapi melalui distribusi, pengepakan dan pengesetan masih akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

“Namun sesuai skedul, maksimal 26 Agustus seluruh kebutuhan logistik Pilgub Jatim sudah harus siap dan di break-down melalui distribusi ke tingkat PPK di Kecamatan. Selanjutnya, proses berikutnya tentu akan dilakukan distribusi ke tingkat PPS pada saat pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jatim pada 29 Agustus mendatang,” pungkas dia. (her/dwi)

Teks Foto :
- Staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang yang mengecek dan menyortir logistik surat suara Pilgub Jatim yang telah diterima.
Foto : Sentral FM.
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Pasca Kebakaran di Gudang...
zaenalershonk